Senin, 01 Februari 2010

NUTRIEN UNTUK PERTUMBUHAN ANAK

Untuk tumbuh kembang anak memerlukan sejumlah nutrien, bukan hanya satu saja. Berikut, 5 nutrien utama yang paling penting diperlukan.
PROTEIN
Termasuk salah satu nutrient penting. Kata protein berasal dari bahasa yunani proteios, artinya kualitas utama. Protein adalah komponen utama dari sejumlah jaringan tubuh, komponen utama dari jaringan otot. Fungsi terpenting dari protein adalah membangun, mempertahankan, dan memperbaiki jaringan-jaringan di dalam tubuh. Diperlukan untuk pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat, membuat sel-sel darah bary dan senyawa-senyawa penting lainnya separti enzim, neurotransmitter, bahkan DNA. Otot, organ-organ tubuh, dan sebagian hormon terbuat dari protein.
Protein terdapat pada hampir semua makanan, terurtama makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Tapi protein hewan terutama yang dapat memberi anak asam amino esensial, sejenis senyawa unik yang tak bisa dibuat tubuh. Kornet So Good adalah salah satu contoh makanan yang mengandung protein. Makanan dari tumbuhan tidak bisa memberikan semua asam amino yang diperlukan anak-anak. Vegetarian kemungkinan kekurangan asam amino ini jika tidak menggantinya dengan makanan tumbuhan yang kaya protein.
Bayi perlu lebih banyak protein disbanding anak-anak berdasarkan berat badan. Kebutuhan protein meningkat lagi tepat sebelum remaja, ketika tubuh mempersiapkan diri untuk pertumbuhan selanjutnya. Berikut, kebutuhan protein harian yang diperlukan anak.
KALSIUM
Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan tulang yang oaling aktif. Perkembangan pada tahap ini menentukan kerangka kerja tubuh di sepanjang hidup. Kalsium membantu perkembangan tulang, pembekuan darah, fungsi otot. Termasuk mineral yang paling banyak di dalam tubuh. Tulang adalah sumber kalsium tubuh. Untuk mempertahankan kadar kalsium yang normal di dalam darah, tubuh mengambil kalsium dari tulang. Itu sebabnya, kebutuhan kalsium pada tahapan ini dapat beresiko mengembangkan osteoporosis di kemudian hari. Risiko ini lebih besar pada perempuan.
SERAT
Serat dapat mencegah diabetes tipe2 pada anak dan dewasa. Begitu juga dalam hal menurunkan kadar kolesterol darah. Serat dapat menimbulkan rasa kenyang pada anak dan memastikan buang air besar secara teratur. Makanan-makanan seperti padi-padian utuh, polong-polongan, buah-buahan dan sayuran membuat anak merasa kenyang lebih lama., mereka cenderung makan berkurang sehingga makan berkurang sehingga terhindar dari masalah berat badan. Makanan kaya serat juga mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat.
Cara untuk menentukan jumlah serat yang diperlukan anak dalam sehari adalah dengan menambahkan angka 5 pada umur anak. Anak umur 10 tahun misalnya, perlu 15 gram serat per hari. Angka ini adalah panduan bagi orangtua dan sebagai pengikat untuk baca label makanan. Tentu. Anda tak perlu mengawasi setiap gram serat dalam diet keluarga bisa memberikan serat yang diperlukan anak.
ANTIOKSIDAN
Antioksidan dianggap nuitrien kuat. Antara lain terdiri dari vitamin C, E, beta karoten, dan mineral selenium. Nutrien-nutrien ini dapat mencegah kondisi-kondisi pada orang dewasa seperti kanker dan penyakit jantung.
Antioksidan memerangi efek-efek buruk radikal bebas, produk samping dari metabolism normal dan dapat terjadi selama paparan terhadap polusi udara, asap rokok, dan sinar matahari kuat. DNA yang sangat penting untuk reproduksi sel dapat rusak akibat akumulasi radikal-radikal bebas.
ZAT BESI
Pertumbuhan masa kanak-kanak tergantung pada zat besi di dalam tubuh adalah mengangkut oksigen ke sel-sel. Zat besi juga penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang normal. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerusakan pada perkembangan otak yang tak bisa diperbaiki.

Disadur:
Aura, edisi 24/th. XXIII/awal juli 2009
nama: Tri malpi aturrohmah
NIM: 4004090056
Prodi: Kebidanan B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar